counter statistics

Siapa Penemu Lambang Tunas Kelapa ?

Siapa Penemu Lambang Tunas Kelapa ?

JAWABAN : Sosok di belakang lambang tunas kelapa adalah Soenardjo Admodipuro, yang pernah menjabat sebagai pejabat di Kementerian Pertanian dan menjadi pemimpin Pramuka pada tahun 1961.

PENJELASAN DAN ARTI : Mengapa lambang kepramukaan dianggap sebagai tunas kelapa? Berikut asal muasal pemilihan lambang pucuk kelapa dan artinya.

1. Tunas kelapa disebut cikal

Cikal atau pucuk kelapa dapat diartikan sebagai pemula atau yang pertama dalam pewarisan generasi. Pucuk kelapa dipilih sebagai simbol karena akan terbentuk generasi baru Pramuka. Oleh karena itu, setiap anggota Pramuka adalah inti dari kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

2. Kelapa memiliki ketangguhan

Buah kelapa memiliki daya tahan yang kuat karena dapat bertahan dalam kondisi apapun. Dari situ Pramuka dimaknai sebagai seseorang yang sehat, kuat, dan memiliki tekad yang besar untuk menghadapi tantangan.
Anggota Pramuka juga akan menggunakan kemampuannya untuk mengabdi kepada Indonesia.

3. Kelapa bisa tumbuh dimana saja

Pohon kelapa bisa tumbuh dimana saja. Oleh karena itu, setiap anggota Pramuka diharapkan mampu menghadapi masalah, beradaptasi dimana saja, dapat diandalkan dan berintegrasi dengan masyarakat.

4. Kelapa bisa tumbuh tinggi

Salah satu ciri pohon kelapa adalah dapat tumbuh lurus dan tinggi. Dari situ, lambang Pramuka berarti setiap anggota Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan tidak mudah goyah.

5. Akar kelapa sangat kuat

Akar kelapa dikenal tumbuh subur di dalam tanah. Hal ini dapat melambangkan keinginan dan keyakinan yang kuat dari setiap anggota Pramuka.

6. Kelapa adalah tumbuhan serbaguna

Pohon kelapa dikenal sangat serbaguna karena dapat dimanfaatkan manusia mulai dari akar hingga buahnya.
Artinya, setiap anggota Pramuka adalah manusia yang bermanfaat, dapat diandalkan, dan mengabdi kepada bangsa, negara, dan seluruh umat manusia.

Demikian penjelasan mengenai pertanyaan Siapa Penemu Lambang Tunas Kelapa ? dan beberapa alasan mengenai pertanyaan tersebut.

Semoga dengan adanya artikel tanya jawab seperti ini bisa menambah wawasan kita semua. Dan masih banyak Soal, Jawaban serta Penjelasan tentang pertanyaan lain hanya di Gudangjawaban.com.

  Mengapa Fisika Statistik Diperlukan ?
  Apa Sajakah Yang Termasuk Sumber Energi Alternatif ?
error: This content is protected by DMCA