7 Peristiwa bersejarah di Dunia Abad 20

Peristiwa bersejarah di Dunia – Berbagai peristiwa sejarah terjadi di dunia pada abad ke-20. Dalam 100 tahun terakhir, telah terjadi sejumlah peristiwa penting yang berdampak signifikan bagi kehidupan manusia saat ini.

Mulai dari penemuan teknologi, peperangan, hingga wabah penyakit yang terjadi pada periode 1900-1999.

Berikut adalah beberapa peristiwa dalam sejarah dunia pada abad 20.

  1. Penemuan penisilin

Penemuan penisilin sebagai antibiotik merupakan salah satu peristiwa dalam sejarah dunia. Pada tahun 1929, seorang ahli bakteriologi dari Rumah Sakit St Mary di London, Alexander Fleming, menerbitkan sebuah makalah penelitian tentang bahan kimia yang disebut penisilin atau penisilin.

Dalam tulisannya, Fleming menganjurkan fungsi penisilin untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Penemuan Fleming ini kemudian dikembangkan oleh Howard Florey dan Ernst Chain pada tahun 1938.

Perkembangan Howard dan Ernst menghancurkan dunia medis dengan masuknya antibiotik ke dalam tubuh. Penemuan ini telah diakui sebagai salah satu penemuan dan kemajuan terbesar dalam dunia kedokteran. Antibiotik masih digunakan dalam pengobatan sampai hari ini.

Untuk jasanya, Fleming, Florey, dan Chain memenangkan Hadiah Nobel 1945.

  1. Perang Dunia II

Perang Dunia II dan Holocaust adalah salah satu peristiwa sejarah dunia abad kedua puluh.

Perang Dunia II adalah perang besar yang melibatkan negara-negara di Benua Amerika, Asia dan Eropa pada tahun 1939-1945. Perang ini menewaskan jutaan orang di seluruh dunia, termasuk Holocaust. Holocaust adalah pembantaian enam juta orang Yahudi selama Perang Dunia II yang dipimpin oleh Adolf Hitler.

Perang Dunia II mengubah tatanan dunia. Setelah kejadian ini, Organisasi Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lahir.

  1. Penemuan Kartu Kredit

Penemuan kartu kredit merupakan salah satu peristiwa bersejarah di dunia.

Penemuan kartu kredit telah berhasil membawa revolusi baru dalam metode pembayaran di dunia. Ide pembayaran dalam bentuk kartu yang bisa digunakan di berbagai lokasi pertama kali ditemukan pada 1950-an.

Konsep kartu kredit pada saat itu masih sistem berlangganan dengan toko-toko tertentu menggunakan kartu yang terbuat dari kertas atau karton.

Perusahaan kartu kredit pertama adalah Diners Club yang didirikan pada tahun 1950 dengan 200 pengguna dan beroperasi di 14 restoran di New York, Amerika Serikat.

  1. Penemuan Laser dan CT scan

Albert Einstein membahas proses amplifikasi cahaya dengan emisi radiasi pada tahun 1917. Namun, baru pada tahun 1960 para ilmuwan dapat mengembangkan konsep tersebut dengan menerapkan fungsi laser untuk pertama kalinya.

  Fakta Unik Tentang Pulau Kalimantan

Laser dalam kehidupan sehari-hari banyak digunakan dalam keperluan medis, serat optik, pemutar CD, deteksi sidik jari dan pemindaian barcode.

Sepuluh tahun kemudian, Sir Godfrey Hounsfield menemukan pemindai tomografi terkomputerisasi (CT). Mesin ini menggunakan sinar-X dan pencitraan komputer untuk membuat gambar penampang tubuh.

Penemuan ini menandai era baru dalam kedokteran dan membantu dokter membuat diagnosis yang lebih akurat.

  1. Penemuan kamera digital

Penemuan kamera digital merupakan peristiwa bersejarah di dunia pada abad kedua puluh.

Stephen Sasson menemukan kamera digital pertama di dunia pada tahun 1975. Sasson adalah seorang insinyur di Eastman Kodak.

Penemuan Sassoon menciptakan banyak penemuan baru lainnya di dunia kamera. Penemuan kamera digital telah mengubah banyak aspek kehidupan saat ini.

Ironisnya, Kodak sebagai penemu dan pencipta kamera digital tidak berdaya saing dan bangkrut pada tahun 2012.

  1. Epidemi HIV/AIDS

Epidemi HIV/AIDS yang pertama kali ditemukan pada tahun 1981 merupakan peristiwa sejarah dunia.

HIV/AIDS merupakan salah satu epidemi penyakit terbesar di dunia. Kasus pertama HIV/AIDS ditemukan pada tahun 1981. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melaporkan virus baru yang menginfeksi lima pria gay di Los Angeles.

Setelah beberapa bulan, semakin banyak kasus ditemukan di seluruh Amerika Serikat. Pada tahun 1982, virus tersebut diidentifikasi sebagai human immunodeficiency virus (HIV).

Dari Amerika Serikat, virus terus menyebar ke seluruh dunia. Sampai saat ini, para ahli masih berusaha menemukan obat untuk HIV. Baru-baru ini, para ahli telah menemukan obat antiretroviral untuk mencegah virus tumbuh dan menghancurkan sel-sel tubuh.

  1. Temukan URL WWW

Penemuan alamat situs web merupakan peristiwa sejarah dunia di abad ke-20.

WWW atau alamat situs web ditemukan pada bulan Maret 1989 oleh Tim Berners-lee, seorang ahli perangkat lunak yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa, Swiss. Berners menulis makalah tentang sistem manajemen informasi yang menjadi dasar dari World Wide Web.

Demikian penjelasan dari admin tentang 7 Peristiwa bersejarah di Dunia Abad 20, semoga dengan adanya artikel diatas bisa menamba wawasan untuk kita semua. Dan masih banyak artikel lain yang bisa teman-teman semua baca hanya di GudangJawaban.com

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA