Beberapa Fakta Unik Fisika Yang Jarang Diketahui

Sebenarnya, apakah Anda ingin belajar lebih banyak tentang fisika atau tidak adalah pilihan semua orang. Apalagi pendapat orang tentang fisika saat ini dinilai memiliki pesona nyentrik yang dikagumi banyak orang. Sebelum Anda belajar lebih banyak tentang fisika, apalagi jurusan fisika di perguruan tinggi, atau bergumul dengan teori Big Bang yang mahal dan membingungkan, ada baiknya Anda membaca dulu beberapa fakta menarik tentang fisika di bawah ini.

Tanpa basa-basi lagi, berikut fakta unik fisika yang jarang diketahui publik. Apa saja fakta uniknya? Berikut daftarnya:

  1. Arti kata Fisika

Fisika berasal dari bahasa Yunani yang secara harfiah berarti pengetahuan tentang alam. Fisika merupakan salah satu bidang ilmu atau sains tertua yang telah dipelajari sejak 650 SM. Orang Yunani adalah orang pertama yang mempelajari fisika secara langsung.

  1. Cara kerja GPS menggunakan rumus fisika

Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui fakta ini. Aplikasi modern seperti GPS berfungsi dengan menunjukkan kepada Anda rute atau jalan  yang tepat. Namun cara kerja GPS menggunakan prinsip dan rumus yang ditemukan oleh Albert Einstein, yaitu E = MC2.

Untuk memudahkan pemahaman, berikut penjelasannya. Sistem navigasi satelit beroperasi dengan cara geostasioner yang menentukan lokasi seseorang. Selama penentuan posisi, pertukaran data terjadi dengan mengumpulkan gelombang radio dari titik lain. Jadi teori relativitas membantu GPS bekerja secara akurat.

  1. Penjelajah waktu akan terlihat lebih muda karena relativitas

Hal ini diketahui setelah para astronot yang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional [ISS] mengalami perlambatan waktu akibat kecepatan dan gravitasi di sana. Gravitasi secara langsung mempengaruhi kecepatan waktu. Inilah alasan mengapa astronot terlihat lebih mudah daripada rekan-rekan mereka ketika mereka kembali ke Bumi.

  1. Laut Mati

Fisika telah berhasil menjelaskan berbagai fenomena alam yang terjadi, di antaranya Laut Mati. Mengapa disebut Laut Mati? Karena manusia bisa mengembang dan tidak pernah tenggelam. Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan telah menemukan satu ciri umum, yaitu sifat padat molekul air serta garam yang ada di sana. Ini kemudian memungkinkan bahan lain, seperti tubuh manusia, mengapung tanpa tenggelam. Jadi, jika Anda tidak tahu cara berenang, tetapi sangat ingin berenang, cobalah Laut Mati.

  1. Alam semesta sangat gelap
  7 Fakta Unik Jepang

Percaya atau tidak, apa yang Anda lihat di TV tentang alam semesta tidak sepenuhnya benar. Alam semesta sangat gelap sehingga hanya 5% yang dapat diamati oleh manusia. Sisa alam semesta mengandung energi gelap dan materi gelap. Dipercayai bahwa kedua zat ini terus mengembang dan memperluas alam semesta. Yang berarti bahwa alam semesta berkembang seperti manusia. Selain itu, kedua material ini diyakini sudah ada sejak Big Bang.

  1. Tentang kecepatan cahaya

Sebenarnya, saya sedikit pusing ketika saya membicarakan hal ini sendiri. Tapi saya akan menjelaskan berdasarkan apa yang saya dapatkan di bangku kuliah. Dasar teori untuk kecepatan cahaya adalah konstan, yaitu 299792458 meter per detik atau kira-kira 3 × 10(8) MS-1.

Dengan kata lain, benda yang memiliki massa tidak akan pernah bisa mencapai kecepatan cahaya, karena energinya menjadi tak terbatas. Namun, banyak yang mengatakan bahwa kecepatan cahaya sangat tinggi dan tidak biasa. Tapi ini agak salah.

Kecepatan cahaya akan melambat saat melewati ruang hampa. Yang berarti bahwa kecepatan arus konstan. Sementara itu, saat cahaya melewati air dan proton, ia juga melambat pada kecepatan awalnya.

Demikian itulah Beberapa Fakta Unik Fisika Yang Jarang Diketahui, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan bagi pemaca semuanya. Masih banyak beberapa sejarah dan fakta unik dari para penemu, hanya ada di Gudangjawaban.com. Terimakasih

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA