Belum banyak yang tau 5 Fakta Warisan Budaya Indonesia yang di akui Dunia

5 Fakta Warisan Budaya Indonesia – Budaya adalah warna dalam sebuah negara. Ini menggambarkan karakteristik dan karakter yang bersinar dalam setiap budaya yang disajikan. Indonesia, tidak hanya dikenal sebagai negara maritim, tetapi juga kaya akan budaya. Beragam suku bangsa dengan beragam adat dan budaya juga lahir, membuat Indonesia semakin kaya akan keragaman.

Dengan keragaman budaya yang luar biasa ini, pemerintah dan pihak terkait secara aktif melakukan berbagai kegiatan yang memajukan budaya Indonesia. Dengan demikian, dapat memperkenalkan budaya Indonesia ke berbagai negara dan dapat melestarikan karya-karya nenek moyang. Berikut ini, kami akan memperkenalkan Anda pada budaya Indonesia yang disukai negara asing.

  1. Angklung Bambu

Siapa yang tidak kenal dengan alat musik bambu ini? Hanya dengan vibrato, alat musik asal Jawa Barat ini mendapat pengakuan UNESCO. Meski mendapat penghargaan dan dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia, tak heran jika popularitas angklung terus meningkat. Kini, Angklung sering digelar dan dipopulerkan di Saung Angklung Ujo.

  1. Seni Wayang

Warisan budaya wayang sudah terdaftar di UNESCO sejak tahun 2003. Banyak wisatawan yang tertarik untuk merasakan dan mempelajari seni wayang. Bentuk promosi yang dilakukan pemerintah Indonesia ke negeri kanguru disambut hangat dan diapresiasi oleh mereka.

  1. Batik

Permadani ini, yang mencakup berbagai pola yang menawan dan menarik, termasuk dalam daftar UNESCO. Warisan leluhur sejak dahulu kala, kini menonjol namanya. Seringkali kanvas ini menjadi suvenir turis asing, sehingga mereka sangat menghargai semua keindahan gaya ini. Padahal, Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

  1. Gamelan
  10 Fakta Unik Dunia Hewan

Grup musik yang menghasilkan nada indah ini rupanya sedang populer di luar nusantara, lho. Sayangnya, minat anak muda Indonesia terhadap alat musik ini mulai memudar. Misalnya, di New Zealand School of Music, gamelan ini dijadikan kurikulum tetap di sana. Di Amerika Serikat, koleksi gamelan dipajang di salah satu ruang pameran Museum Musik.

  1. Tari Saman

Tarian ini, yang bercirikan tepuk tangan dan gerakan lain yang dilakukan oleh banyak orang, diakui sebagai Warisan Budaya UNESCO. Tarian ini biasanya diadakan untuk merayakan acara-acara penting dalam adat daerah setempat.

Inilah keragaman budaya Indonesia yang menarik untuk diketahui mancanegara. Kita sebagai warga negara Indonesia perlu mencintai budaya kita dengan melestarikan dan melestarikan budaya leluhur kita. Jangan sampai budaya kita terancam punah sampai diakui oleh bangsa lain.

Demikian penjelasan dari admin tentang 5 Fakta Warisan Budaya Indonesia, semoga dengan adanya artikel diatas bisa menamba wawasan untuk kita semua. Dan masih banyak artikel lain yang bisa teman-teman semua baca hanya di GudangJawaban.com

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA