Contoh Soal Essay Biologi Kelas 10

Berikut ini adalah pembahasan dan Contoh Soal Essay Biologi Kelas 10, soal ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal Essay Biologi Kelas 10.

Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 10 dapat menyelesaikan tugas Soal Essay Biologi Kelas 10 yang diberikan bapak/ibu guru.

Dibawah ini beberapa contoh soal essay biologi kelas 10 :

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
  2. Patologi
  3. Hematologi
  4. Embriologi
  5. Malakologi

Jawab :

  1. Patologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit organisme
  2. Hematologi adalah ilmu yang mempelajari tentang darah
  3. Embriologi adalah ilmu yang mempelajari perkembangan embrio sampai lahir
  4. Malakologi adalah ilmu yang mempelajari tentang moluska

 

  1. Jelaskan manfaat dari mempelajari ilmu biologi!

Jawab :

  1. Sangat membantu para petani untuk melakukan perkembangan melalui bioteknologi, budidaya, dan rekaya genetika serta kultur jaringan
  2. Menemukan penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan
  3. Menyikapi rahasia proses kehidupan, pewarisan sifat dan pengendali proses kehidupan
  4. Mengkaji dan melestarikan lingkungan untuk kelestarian kehidupan
  5. Berkembangnya mikrobiologi telah berhasil menemukan beberapa mikroorganisme yang sangat bermanfaat, seperti pada pembuatan nata de coco, tempe dan kecap.

 

  1. Sebutkan sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh peneliti/ilmuwan!

Jawab :

1) Rasa ingin tahu yang tinggi

2) Jujur

3) Teliti

4) Terbuka

5) Mau menerima masukan

6) Bersifat objektif

 

  1. Sebutkan langkah-langkah metode ilmiah!

Jawab :

1) Merumuskan masalah

2) Menyusun kerangka berpikir

3) Menyusun hipotesis (dugaan)

4) Melakukan eksperimen (percobaan)

5) Menganalisa data

6) Menarik kesimpulan

7) Mempublikasikan data

  1. Sebutkan nama ilmiah dari:
  2. Lidah mertua
  3. Kamboja
  4. Jambu biji
  5. Bakung
  6. Anggrek tanah

Jawab :

  1. Lidah mertua = Senzi vera
  2. Kamboja = Plumeria acuminata
  3. Jambu biji = Psilium guajava
  4. Bakung = Trinum asiatiaum
  5. Anggrek tanah = Spatholottis plicata
  6. Dalam melakukan eksperimen, kita tidak lepas dari pembuatan hipotesis. Hipotesis itu dibagi menjadi dua. Sebutkan dan jelaskan!

Jawab :

Hipotesis alternatif Hipotesis alternatif adalah dugaan yang menyatakan ada pengaruh

Hipotesis nol Hipotesis nol adalah dugaan yang menyatakan tidak ada pengaruh

  1. Sebutkan dan jelaskan secara sistematis objek dan permasalahan biologi!

Jawab :

  1. Molekul Setiap inti sel makhluk hidup memiliki molekul organik yang berperan mengendalikan struktur dan fungsi setiap sel. Inti sel juga membawa informasi genetik yang diturunkan. Molekul organik tersebut adalah DNA (deoxyribonucleic acid = asam deoksiribonukleat). Selain DNA, dalam inti sel juga terdapat RNA (ribonucleic acid = asam ribonukleat) yang berperan dalam mengatur sintesis protein di dalam sel.
  2. Sel Makluk hidup(organisme) tersusun oleh sel. Sel merupakan satuan (unit) kehidupan terkecil dari makhluk hidup. Makhluk hidup yang tersusun oleh satu sel disebut organisme uniseluler (misalnya bakteri, protozoa) dan makhluk hidup yang tersusun oleh banyak sel disebut organisme multiseluler.Sel tersusun atas inti sel (nucleus), membran sel, sitoplasma, dan organel sel. DNA yang terdapat di dalam sel merupakan senyawa kimia yang paling penting pada organisme yang membawa informasi genetik.Semua organisme, kecuali beberapa virus, memiliki DNA.Bagian terbesar DNA terdapat di dalam nukleus, terutama di dalam kromosom.
  3. Jaringan Pada organisme multiseluler, sel-sel yang sejenis dan memiliki fungsi sama tersusun membentuk jaringan. Contoh jaringan pada manusia atau hewan vertebrata adalah jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, jaringan tulang, jaringan tulang rawan, jaringan lemak, dan jaringan darah.Jaringan pada tumbuhan misalnya jaringan meristem, jaringan epidermis, jaringan parenkima, jaringan penyokong, dan jaringan pengangkut.
  4. Organ Jaringan tidak mampu melaksanakan fungsi hidup sendiri-sendiri.Berbagai jaringan bersatu dan menjalankan fungsi tertentu membentuk alat tubuh yang disebut organ.Organ pada vertebrata dan manusia misalnya mata, paru-paru, jantung, hati dan lambung.Mata terbentuk dari jaringan otot dan jaringan saraf. Jantung antara lain terbentuk dari jaringan otot jantung dan jaringan saraf. Organ pada tumbuhan adalah akar, batang, daun dan bunga.
  5. Sistem organ  : Berbagai organ didalam tubuh organisme multiseluler bekerja sama menjalankan suatu fungsi tertentu. Koordinasi berbagai organ membentuk sistem organ. Sistem organ yang terdapat pada manusia antara lain sistem otot, sistem rangka, sistem saraf, sistem hormon, sistem transportasi, sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem ekskresi, dan sistem reproduksi.
  6. Individu Sistem organ di dalam tubuh organisme multiseluler mebentuk suatu organisasi kehidupan sehingga terbentuk organisme yang disebut individu.Individu adalah makhluk hidup tunggal.Contohnya seorang manusia, seekor ikan, seekor sapi, seekor kelinci, sebuah pohon manga, dan sebatang pohon singkong.
  7. Populasi Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu.Individu dikatakan sejenis jika dapat mengadakan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertil. Keturunan yang fertil artinya keturunan yang mampu berkembang biak. Misalnya populasi padi di sawah, populasi banteng (Bos javanicus) di Pangandaran (Jabar), dan populasi badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) di Ujung Kulon (banten).
  8. Komunitas Komunitas adalah kumpulan populasi dari berbagai spesies yang tinggal bersama dan saling berinteraksi satu sama lain di dalam suatu habitat. Contohnya, komunitas lapanga rumput terdiri dari populasi rumpul, gajah, belalang, burung, cacing tanah, dan semut.
  9. Ekosistem Ekosistem adalah hubungan timbal balik antarsesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan komponen abiotiknya.Komponen abiotik adalah bendabenda tak hidup, misalnya air, tanah, cahaya matahari, udara, suhu, dan kelembapan.Antarsesama komponen biotik dan antara komponen biotik dengan abiotik terjadi hubungan yang saling mempengaruhi dalam ekosistem. Contoh ekosistem alami antara lain hutan, danau, rawa, dan sungai. Contoh ekosistem buatan antara lain sawah, kolam dan akuarium.
  10. Bioma Bioma adalah ekosistem darat yang mencakul daerah luas (skala yang luas). Contohnya bioma tundra (padang lumut), bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, dan bioma padang pasir. Jadi, bioma terdiri dari ekosistem-ekosistem
  11. Biosfer Semua ekosistem yang ada di bumi beserta atmosfer yang melingkupinya saling berinteraksi membentuk biosfer atau ekosistem dunia.
  12. Sebutkan makhluk hidup yang memiliki jaringan paling sederhana!
  Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Tahun 2022

Jawab:

Porifera dan Coelenterata, karena makhluk hidup ini hanya memiliki dua lapisan sel pembentuk tubuh (diploblastik), yaitu lapisan terluar (ektoderm), dan lapisan terdalam (endoderm).

  1. Mengamati merupakan salah satu keterampilan proses yang mendasar. Keterampilan melakukan pengamatan (observasi) telah dikuasi apabila dari mendeskripsikan dan menganalisa suatu ojek secara kualitatif dan kuantitatif. Jelaskan perbedaan pengamatan kualitatif dan kuantitatif!

Jawab:

Pengamatan kualitatif dilakukan dengan menggunakan indra penglihatan, pendengaran, pembau, peraba, dan pengecap tanpa mengacu kepada satuan pengukuran baku.

Pengamatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang mengacu kepada satuan pengukuran baku.

  1. Apa tujuan ditulis “tujuan penelitian” pada hasil observasi?

Jawab:

Tujuan ditulisnya “tujuan penelitian” pada hasil observasi adalah menguraikan atau mendeskripsikan suatu gejala atau objek untuk menerangkan suatu gejala atau menguji suatu hipotesis

Itulah Contoh Soal Essay Biologi Kelas 10.

Itulah dia pembahasan dan Contoh Soal Essay Biologi Kelas 10. Semoga bermanfaat untuk adik – adik semua. Jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar Gudangjawaban.com.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA