Contoh Soal Teks Artikel Opini Kelas 12

Berikut ini adalah pembahasan dan Contoh Soal Teks Artikel Opini Kelas 12, soal ini dibuat untuk membantu mengerjakan Soal Teks Artikel Opini Kelas 12.

Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 12 dapat menyelesaikan tugas Soal Teks Artikel Opini Kelas 12 yang diberikan bapak/ibu guru.

1. Berikut ini merupakan pengertian dari artikel opini yang tepat adalah…

a. artikel yang berisi penjelasan terhadap suatu peristiwa atau fenomena alam/sosial/politik yang terjadi.
b. artikel yang dibangun atas unsur ADIKSIMBA
c. artikel yang berisi pendapat, pikiran, gagasan, atau kritik mengenai persoalan yang ada dan berkembang di tengah masyarakat
d. artikel yang berisi ulasan atau penilaian terhadap karya sastra

2. Di bawah yang bukan bagian dari struktur artikel opini adalah…

a. Pendapat atau tesis
b. Argumen (penguatan dengan data-data dan hal lain yang mendukung tesis)
c. Penegasan ulang (reiterationt
d. komplikasi

3. Cermatilah teks di bawah ini!

(1) Transportasi kereta api mempunyai keunggulan dibandingkan dengan transportasi darat yang lain. (2) Keunggulan itu antara lain hemat energi dan dampak lingkungan yang ditimbulkan relatif lebih kecil. (3) Selain itu kereta api merupakan sarana angkutan yang lebih ekonomis baik bagi penumpang maupun barang untuk jarak jauh. (4) Hal ini diungkapkan oleh kepala PJKA dalam harian ibukota.
Kalimat yang berisi pendapat adalah kalimat . . . .

A. pertama
B. ketiga
C. kedua
D. keempat

4. (1) Pemkot Bandung telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan.
(2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan.
(3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut.
(4) Penertiban yang berlangsung tanggal 21 September itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

5. Perhatikanlah teks berikut!

(1) Setelah masyarakat menjerit karena harga gabah melonjak beberapa bulan lalu, giliran petani menjerit. 2) Harga gabah hasil panen belakangan ini, turun drastis. 3) Kondisi seperti ini sebenarnya merupakan peristiwa tahunan. 4) Ketika terjadi panen raya pada Maret hingga Mei karena over supply, maka harga turun drastis.
Kalimat yang merupakan opini adalah kalimat nomor . . . .

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

6. Simaklah kutipan tajuk berikut!

(1) Musim banjir belum lagi mencapai puncaknya yang diperkirakan berlangsung Januari 2009 mendatang. 2) Akan tetapi, di beberapa tempat di Bandung, ratusan rumah telah terendam banjir. 3) Penyebabnya klasik. 4) Mula-mula hujan turun terus-menerus menyebabkan bertambahnya aliran air di permukaan. Dalam keadaan normal, air itu akan mengikut hukum alam mencari tempat yang lebih rendah. 5) Dalam hal ini, sungai. 6) Dari sana, curahan air mengikuti aliran sungai menuju laut. 7) Tak ada masalah.
Kalimat yang merupakan opini adalah kalimat nomor . . . .

A. 1
B. 3
C. 5
D. 7

7. Simaklah paragraf berikut!

(1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakkan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . .

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

8. Simaklah teks berikut ini!

(1) Di perairan sepanjang Selat Pantar, Alor, Nusa Tenggara Timur, ada keunikan yang menakjubkan wisatawan, yang tidak kalah menarik dengan Raja Ampat, Papua. (2) Di sana ada berbagai jenis ikan, termasuk jenis mamalia dan aneka warna terumbu karang yang dikelilingi puluhan pulau kecil, seperti Pulau Buaya, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. (3) Di gugusan pulau-pulau ini terdapat satu selat, terletak antara Pulau Alor Kecil dan Pulau Kepa, seluas 3 km persegi, disebut Selat Kumbang atau warga setempat menyebutnya mulut kumbang. (4) Di mulut kumbang inilah, pada pagi dan sore hari, ratusan ekor lumba-lumba berwarna merah muda dan tampak jinak, muncul di permukaan air, mendekati perahu-perahu kecil yang melintas seperti menyapa pengunjung. (5) Selain lumba-lumba, jalur ini juga menjadi lintasan ikan paus dari perairan Pasifik menuju Papua, Selat Banda, Selat Pantar, terus ke Laut Sawu, tempat paus menjadi incaran pemburu tradisional warga Lamalera, Lembata.
Kalimat fakta pada paragraf tersebut terdapat dalam kalimat…

A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

9. Bacalah paragraf berikut!

(1) Masih banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital. (2) Padahal, Kementrian Pendidika Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet. (3) Karena itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkinan kecil sekolah menggunakan buku digital. (4) Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan murid, orang tua, dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. (5) Di samping itu, banyak guru belum mengenal buku digital yang diakses dan di internet sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor…

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

10. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!

(1) Sebagai salah satu negara dengan hutan terluas di dunia, Indonesia menjadi incaran investor kegiatan ekonomi ekstraktif. (2) Kini luas hutan di Indonesia yang mengalami deorientasi atau penggundulan atau degradasi atau penurunan kualitas tutupan mencapai 5 juta hektar. (3) Perbaikan hutan pada tahun ini diharapkan dapat mencapai 1 juta hektar. (4) Akan tetapi, itu bergantung pada anggaran. (5) Tahun ini Departemen Kehutanan mengajukan anggaran Rp 8,5 triliyun Departemen Keuangan.
Kalimat fakta dalam paragraf di aas terdapat pada nomor…

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (2) dan (5)

11. Cermatilah teks berikut!

(1) Pendidikan soal kelautan perlu diperenalkan kembali kepada para pelajar untuk meyakinkan bahwa Indonesia merupakan negara bahari. (2) Selama ini pendidikan soal kelautan diabaikan dan lebih banya menitikberatkan soal potensi daratan. (3) Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kelautan dan Indonesia pun pernah jaya di bidang kelautan. (4) Menurut pakar pendidikan, wawasan kebaharian bisa ditanamkan kepada anak-ana dengan memberikan pelajaran sejarah dengan lebih mengendapkan kisah-kisah sejarah di laut. (5) Melalui pendidikan yang berorientes kelaut, diharapkan sumber daya manusia di pesisir akan mampu bersaing secara global.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor…

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

12. Cermati kutipan berikut!

(1) Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran padat. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas ozon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan dalam waktu delapan jam. (3) Komplek industri yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut. (4) Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. (5) Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar.
Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor…

  Kunci Jawaban Matematika Kelas 12 Halaman 24 Bab 1 Dimensi Tiga

A.(1) dan (2)
B. (1) dan (5)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

13. Perhatikan cuplikan teks berikut!

(1) Menurut seorang pengembang. Pengembang agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis. (2) Pengembang telah dilanjutkan sebagai wujud kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian. (3) Telah pula dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah. (4) Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan.
Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor ….

A.(1) dan (4)
B.(1) dan (3)
C.(2) dan (3)
D.(1) dan (2)

14. Sulit meminta maaf dan sulit memberi maaf sesungguhnya merupakan sifat manusia pada umumnya. Namun, peluang untuk meminta maaf dan memberi maaf pastilah selalu ada. Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tenteram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini. Lebih dari itu, apabila setiap orang sadar bahwa memberi maaf itu bahkan lebih mulia nilainya daripada meminta maaf.
Pendapat yang tepat sesuai paragraf di atas adalah . . . .

A. Memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik.
B. Meminta maaf lebih mulia daripada memberi.
C. Sulit bagi kita meminta maaf lebih dahulu.
D. Kita jangan meminta maaf jika tidak bersalah

15. Simaklah teks berikut ini!

Artikel 1
Indonesia punya menu ayam goreng yang rasanya sangat lezat. Yaitu, ayam goreng Kalasan. Ayam goreng Kalasan ini rasanya sangat gurih. Ada bumbu kriuk yang selalu setia menemani ayam goreng kampung ini. Salah satu perbedaan yang paling penting ayam goreng Kalasan menggunakan ayam kampung. Ayam Kalasan ini dimasak dengan aneka rempah khas Indonesia. Pasti lebih sehat karena tanpa penyedap rasa yang berlebihan.

Artikel 2
Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakaan khas dari Sumatera Barat ini sangat digemari semua kalangan. Tidak saja masyarakat Indonesia bahkan luar negeri pun menggemarinya. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa. Rendang menggunakan bumbu khas Indonesia. Bumbu tersebut yaitu cabai, lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lain.
Persamaan ide kedua artikel tersebut adalah …

A. Masakan Indonesia yang digemari masyarakat luar negeri
B. Masakan yang tidak menggunakan penyedap rasa.
C. Masakan-masakan khas Indonesia
D. Wisata kuliner Indonesia

Cermati kutipan teks berikut untuk menjawab soal 16 dan 17!

(1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. (2) Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. (3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. (4) Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. (5) Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. (6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.

16. Masalah dalam kutipan teks tersebut adalah …

A. Pemerintah tidak serius dalam menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik.
B. Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik memicu konsumsi BBM semakin melonjak.
C. Kemacetan lalu lintas parah terlihat pada setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta.
D. Pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi APBN, tetapi dalam kenyataannya malah sebaliknya.

17. Opini penulis dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….

A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (5) dan (6)

18. Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!

Mengonsumsi buah dan sayur lebih dari lima porsi setiap harinya terbukti berguna menjaga kesehatan. Studi terbaru menyebutkan sayur dapat mencegah kematian akibat penyakit jantung, stroke, dan kanker.
Penelitian yang dilakukan tim ilmuwan dari University College London (UCL) di London, Inggris ini merekomendasikan untuk mengonsumsi hanya lima porsi buah dan sayuran setiap hari ternyata tidaklah cukup. Paling tidak, kita musti melahap tujuh porsi buah dan sayuran segar setiap harinya, terutama produk sayuran-sayuran. Studi yang dilansir laman The Guardian juga menyarankan untuk menyantap buah kalengan, berseberangan dengan mereka yang meyakini bahwa kebiasaan tersebut termasuk sehat
Tujuan isi artikel tersebut memberitahu kepada pembaca bahwa . . . .

A. Menyarankan untuk mengonsumsi buah dalam kesehatan minimal lima
B. Mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya penting menjaga kesehatan
C. Buah dan sayur minimal lima porsi setiap hari dikonsumsi
D. Menyarankan untuk makan buah dan sayuran setiap hari selesai makan

19. Perhatikan isi paragraf berikut!

(1) Saya sekarang setiap hari menyempatkan membaca buku, terutama membaca buku sastra. (2) Manfaat yang dihasilkan dari sebuah proses membaca karya sastra dapat dirasakan langsung oleh penikmat sastra. (3) Menurut saya sebuah karya sastra mempunya andil besar dalam menyebarkan manfaat bagi diri lewat keindahannya. (4) Bukan sebaliknya, menyebarkan keindahan yang melenakan dan tidak membawa gerak perubahan karena sastra lahir dari kejernihan jiwa, dan perasaan seseorang. (5) Oleh sebab itu, manfaat tersebut dapat dirasakan antara lain: melembutkan perasan dan hati, memberi kesadaran akan kebenaran hidup, kegembiran dan pengobat kegelisahan hati, memberikan penghayatan mendalam, dan yang paling penting lagi menjadikan manusia berbudaya dan peka lingkungan.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut, terdapat pada nomor….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

20. Cermatilah teks berikut

(1) Wanita memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. (2) Darah memang sangat penting bagi wanita, terutama pada saat hamil zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. (3) Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. (4) Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. (5) Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan.
Fakta yang mendasari pengembangan cuplikan itu dinyatakan dalam kalimat….

A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

Itulah Contoh Soal Teks Artikel Opini Kelas 12.

Itulah dia pembahasan dan Contoh Soal Teks Artikel Opini Kelas 12. Semoga bermanfaat untuk adik – adik semua. Jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar Gudangjawaban.com.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA