Fakta Unik Tentang Pulau Kalimantan

Fakta Unik Tentang Pulau Kalimantan – Kalimantan atau “Borneo” adalah salah satu pulau yang terletak di Indonesia. Pulau ini merupakan pulau yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis. Banyak orang mengira Kalimantan hanya memiliki hutan belantara, yang tidak sepenuhnya benar karena pulau Kalimantan memiliki segudang pesona dan hal unik yang jarang diketahui orang di luar Kalimantan.

Mau tahu fakta unik Pulau Kalimantan? Inilah lima fakta unik tentang Kalimantan

  1. Kalimantan tidak hanya penuh dengan hutan, tetapi kehidupan masyarakat juga semakin maju.

Kesalahan umum di Kalimantan adalah menganggap pulau ini penuh dengan hutan, padahal jumlah penduduk Indonesia di Kalimantan diperkirakan mencapai 16,23 juta jiwa yang tersebar di lima provinsi dengan 56 wilayah dan kota.

Provinsi Kalimantan adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara. Jadi pasti Kalimantan bukan hanya hutan, tapi juga banyak kehidupan masyarakat disana.

  1. Sebuah kota di Kalimantan Timur dinobatkan sebagai “kota terbersih” di ASEAN

Pada tahun 2011, Balikpapan meraih penghargaan sebagai kota terbersih kedua di ASEAN. Tak hanya itu, kota di Kalimantan Timur ini juga telah 18 kali mendapatkan penghargaan Adepura Award. Penghargaan ini diberikan kepada kota Balikpapan atas keberhasilannya dalam membersihkan dan mengelola lingkungan perkotaan.

  1. Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia

Dengan luas wilayah 74.330 kilometer persegi, Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Pulau Greenland menempati urutan pertama, dengan luas 2.175.600 kilometer persegi, dan kedua ditempati oleh pulau Papua Nugini, dengan luas 785.753 kilometer persegi.

  1. Banyak destinasi wisata

Sebagai pulau terbesar ketiga di dunia, Kalimantan memiliki lebih dari ratusan destinasi wisata. Destinasi wisata di Pulau Kalimantan terdiri dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner dan wisata lainnya.

  5 Fakta Unik Dunia Wayang

Bagi yang ingin berkunjung untuk menikmati wisata alam, Anda bisa mengunjungi Pulau Derawan yang terkenal dengan pulau pasir putihnya. Pulau ini terletak di Kalimantan Timur. Berkat pesonanya, pulau ini mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini dan terbukti pulau ini selalu ramai dikunjungi pengunjung setiap musim liburan.

Tak hanya itu, ada destinasi wisata alam yang tak kalah menawan, yaitu Danau Labuan Sirmin yang terletak di Kalimantan Timur. Karena pesonanya, danau ini juga mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Danau ini disebut Danau Labuan Cermen karena permukaan airnya dapat memantulkan sinar matahari sehingga air di danau terlihat sangat jernih.

Ingin mengunjungi wisata yang berbeda? Silahkan kunjungi Pasar Terapung Lok Bintan yang terletak di Kalimantan Selatan. Di sana Anda dapat melakukan pembelian dan penjualan yang berlangsung di atas kapal. Tempatnya sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat pemotretan.

  1. Ada 3 negara di pulau Kalimantan

Fakta unik tentang Pulau Kalimantan adalah terdapat 3 Kepala Negara di Pulau Kalimantan, yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Luas wilayah Indonesia adalah 544.150 kilometer persegi, sedangkan sisanya milik negara Malaysia dan Brunei Darussalam.

Demikian penjelasan dari admin tentang Fakta Unik Tentang Pulau Kalimantan, semoga dengan adanya artikel diatas bisa menamba wawasan untuk kita semua. Dan masih banyak artikel lain yang bisa teman-teman semua baca hanya di GudangJawaban.com

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA