Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 11 Halaman 46

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 11 Halaman 46 Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 11 Halaman 46.

Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 11 dapat menyelesaikan tugas Soal Seni Budaya Kelas 11 Halaman 46 yang diberikan bapak/ibu guru.

  1. Sangat erat hubungan seni musik dan ilmu pengetahuan. Bidang ilmu pengetahuan apakah yang erat hubungannya dengan seni musik?

Jawaban:

Seni musik yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut :

– Seni musik dan matematika

Dalam seni musik, kita mempelajari teori musik seperti interval, hitungan tempo, hitungan ketukan, tangga nada, dan harmonisasi. Hal ini memerlukan pengetahuan dasar matematika yang kuat karena banyak hitungan didalamnya.

– Seni musik dan fisika

Pengetahuan ilmu fisika seperti resonansi, pemahaman gelombang, equalizer, tegangan, ukuran, rumus, dan hal-hal mendasar dalam ilmu fisika lainnya merupakan dasar penerapan dalam pembuatan suatu karya musik yang bisa berupa alat musik itu sendiri ataupun faktor -faktor pendukung lainnya seperti teknik tata ruang dalam pengerjaan musik, teknik rekaman, teknik vokal, pemahaman teknik dinamika suara, dan lain sebagainya.

– Seni musik dan sastra

Penguasaan sastra yang baik akan sangat menunjang kreatifitas dalam seni bermusik terutama dalam hal penulisan lirik lagu yang merupakan salah satu hal penting dalam suatu karya musik.

  1. Disebut apakah suara yang terlalu rendah sehingga tidak dapat didengar oleh telinga manusia? Disebut apa pula nada yang terlalu tinggi?
  20 Soal Sosiologi Kelas 11

Jawaban:

Suara yang tidak dapat didengar oleh manusia adalah Infrasonik.

Infrasonik adalah suara dengan frekuensi yang terlalu rendah sehingga tidak dapat didengar oleh telinga manusia

Sedangkan suara yan terlalu tiggi untuk didengar oleh manusia disebut Ultrasonik.

  1. Disebut apakah suara yang dapat didengarkan oleh pendengaran manusia normal!

Jawaban:

Suara yang bisa didengarkan oleh pendengaran manusia normal adalah suara Audiosonik.

Audiosonik memiliki besar frekuensi 20 Hz sampai 20.000 Hz.

  1. Apakah yang menyebabkan terjadinya perbedaan tinggi rendahnya nada?

Jawaban:

Frekuensi yang cepat atau besar akan menghasilkan nada yang tinggi. Jadi, makin cepat atau besar frekuensinya, makan nadanya akan semakin tinggi. Nah, makin lambat atau makin kecil frekuensinya, maka nadanya akan semakin rendah. Dengan kata lain, tinggi rendahnya nada ditentukan oleh frekuensi bunyi.

  1. Perhatikan perbandingan interval nada pada model di atas, silakan kamu tentukan frekuensi nada-nada c, d, e, f, g, a, b, c’!

Jawaban:

– d/c = 9/7 disebut sekon.

– e/c = 5/6 disebut terts.

– f/c = 4/5 disebut kwant.

– g/c = 3/2 disebut kwint.

– a/c = 5/3 disebut sektet.

– b/c = 15/8 disebut septime.

– c’/c = 1 disebut oktaf.

Itulah Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 11 Halaman 46.

Itulah dia pembahasan dan Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 11 Halaman 46. Semoga bermanfaat untuk adik – adik semua. Jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar Gudangjawaban.com.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA