Materi Kimia Reaksi Redoks : Pengertian Rumus dan Contoh

Materi Kimia Reaksi Redoks – Ada banyak fenomena dalam kehidupan kita sehari-hari yang melibatkan reaksi kimia. Seperti proses pernapasan yang terjadi di dalam tubuh kita, proses fotosintesis pada tumbuhan, proses pengkaratan besi, pembakaran kertas dan logam dan masih banyak lagi yang lainnya. Pokoknya semuanya tidak terlepas dari reaksi kimia.

Jadi, apakah Anda tahu apa itu reaksi redoks? Atau apakah Anda baru saja mendengar tentang reaksi redoks? Kali ini Teman Belajar ingin membahas tentang reaksi redoks. Mari kita belajar bersama tentang reaksi redoks.

Pengertian Reaksi Redoks

Sesuai dengan namanya, reaksi redoks terdiri dari reaksi reduksi dan reaksi oksidasi. Reaksi oksidasi-reduksi adalah jenis reaksi kimia yang menyebabkan perubahan (yang dapat dikurangi atau ditambahkan) dalam bilangan oksidasi suatu molekul atau unsur yang juga menyebabkan perubahan senyawa oksigen dalam molekul.

Dalam reaksi oksidasi-reduksi, terdapat dua jenis reaksi secara bersamaan yaitu reaksi reduksi dan reaksi oksidasi. Reaksi reduksi itu sendiri adalah reaksi yang menyebabkan penurunan bilangan oksidasi suatu ion, atom atau molekul yang dapat terjadi baik dengan menangkap elektron maupun melepaskan oksigen. Sedangkan reaksi oksidasi adalah reaksi yang terjadi sedemikian rupa sehingga menyebabkan kenaikan bilangan oksidasi suatu ion, dan atom akibat pelepasan elektron dan/atau penambahan oksigen.

Berdasarkan Oksigen/ O2

Reduksi = pelepasan oksigen HgO Hg + O2

Oksidasi = menangkap oksigen C + O2 CO2

Berdasarkan Elektron /e

singkatan = tangkap e Na++ e− Na

  Materi Kimia Stoikiometri : Pengertian Rumus dan Contoh

Oksidasi = pelepasan CaCa2++2e−

Berdasarkan Bilangan Oksidasi / Biloks

Reduksi = penurunan bilangan oksidasi

Oksidasi = kenaikan bilangan oksidasi

Reaksi Redoks

Reaksi reduksi = oksidator / oksidator hasil reduksi

Reaksi oksidasi = reduksi produk oksidator

Dikatakan redoks apabila i ada unsur ada unsur bebas (biloks = 0) ada nada perubahan biloks

Reaksi Redoks Disproposionasi

Ini adalah reaksi oksidasi-reduksi di mana zat pengoksidasi dan zat pereduksi adalah zat yang sama. Seperti contoh di bawah ini :

Reaksi Redoks Konsproporsionasi

Ini adalah reaksi oksidasi-reduksi di mana zat pengoksidasi dan zat pereduksi adalah zat yang sama. Seperti contoh di bawah ini:

Bilangan Oksidasi

Bilangan oksidasi (oksidasi) adalah muatan positif dan negatif pada suatu atom. Unsur dengan bilangan oksidasi positif biasanya adalah atom unsur logam, seperti Na, Fe, Mg, Ca dan unsur logam lainnya. Sedangkan unsur dengan bilangan oksidasi negatif biasanya adalah atom unsur nonlogam, seperti O, Cl, F, dan unsur nonlogam lainnya.

Contoh soal :

Di antara reaksi-reaksi di bawah ini yang merupakan reaksi redoks adalah ….

  1. CuO + 2HCl → CuCl2+ H2O
  2. CuO + H2→ Cu + H2O
  3. NaOH + Ag+→ AgOH + Na+
  4. Fe2O3+ 3H2SO4→ Fe2(SO4)3 + H2O
  5. ZnO + 2HCl → ZnCl2+ H2O

Jawaban : B

Demikian penjelasan dari admin tentang Materi Kimia Reaksi Redoks : Pengertian Rumus dan Contoh, semoga dengan adanya artikel diatas bisa menamba wawasan untuk kita semua. Dan masih banyak artikel lain yang bisa teman-teman semua baca hanya di GudangJawaban.com

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA