Rangkuman Materi IPA Kelas 6 : TEMA 1 Perkembangbiakan Vegatif buatan pada Tumbuhan

Rangkuman Materi IPA Kelas 6 : TEMA 1 – Tumbuhan berkembang biak melalui generasi dan tutupan vegetasi. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas reproduksi seksual.

Perbanyakan vegetatif adalah cara perkembangbiakan tanpa melalui proses perkawinan. Perbanyakan vegetatif pada tumbuhan dapat dilakukan baik secara alami maupun buatan.

Perbanyakan tanaman secara buatan dengan bantuan manusia ditujukan untuk memperoleh tanaman berkualitas tinggi seperti hasil tinggi dan tahan penyakit.

Ada lima jenis perkembangbiakan vegatif buatan pada tumbuhan :

  1. Okulasi adalah cara perbanyakan tanaman dengan cara memotong batang tanaman dari tanaman induknya.

Keuntungan dari tanaman cangkok adalah tanaman akan menghasilkan buah lebih cepat daripada jika ditanam dari biji dan buah yang dihasilkan memiliki karakteristik yang sama dengan induknya. Kelemahan tanaman cangkok adalah akar tanaman kurang kuat dan umur tanaman lebih pendek.

  1. Stek adalah pemotongan bagian tanaman kemudian ditanam di tanah. Tanaman akan berkembang biak dengan baik jika memiliki pucuk dari bagian tanaman, dan steknya adalah batang dan daun.

Stek juga dapat dibuat dengan stek daun seperti tenggorokan bebek, begonia, kekayaan besar.

  1. Sambungan/Introduksi adalah gabungan akar dan keturunan dari dua tanaman sejenis. Tujuannya adalah untuk menggabungkan kualitas unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman dengan sifat unggul.

Keuntungan dari kontak atau introduksi adalah tanaman dapat berproduksi lebih cepat dan hasil dapat sesuai keinginan tergantung batang atas yang digunakan.

  Materi Kimia Reaksi Redoks : Pengertian Rumus dan Contoh

Kekurangannya adalah pada saat menyambung batang, ukuran kaki harus sama karena kambium pada kedua batang harus sama persis atau sambungan akan gagal.

Selain itu, saat menyambung, ukuran kaki harus sama karena kambium pada kedua kaki harus bertemu persis. Jika tidak, cangkok akan gagal dan jumlah pohon yang dapat dicangkok akan terbatas karena harus satu silsilah.

Misalnya, tanaman mangga dengan akar yang kuat menghasilkan buah yang asam, dan tanaman mangga kedua dengan akar yang lemah menghasilkan buah yang manis.

  1. Tempel atau sambung adalah menempelkan pucuk tanaman yang satu ke batang tanaman lain, contoh perbanyakan dengan cara tempel atau sambung adalah mangga, rambutan, nangka, dan mawar aneka warna.
  2. Rendam atau rendam tanaman di dalam tanah, asalkan batangnya mudah ditekuk. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini adalah stroberi, stroberi, allmanda, anyelir, apel, selada air, dan anggur.

Demikian penjelasan dari admin tentang Rangkuman Materi IPA Kelas 6 : TEMA 1 Perkembangbiakan Vegatif buatan pada Tumbuhan, semoga dengan adanya artikel diatas bisa menamba wawasan untuk kita semua. Dan masih banyak artikel lain yang bisa teman-teman semua baca hanya di GudangJawaban.com

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA