Rangkuman Ronggowarsito dan Javanologi di TVRI​

Rangkuman materi Ronggowarsito dan Javanologi di TVRI merupakan tugas Sekolah menengah pertama yang akan admin bahas, tugas ini mungkin dari beberapa teman mungkin sulit, maka dari tiu admin akan membantu menjawabnya.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya teman – teman membookmark blog ini, karena blog ini akan update tentang edukasi dan kesulitan teman – teman untuk menjawab soal, oleh karena itu wajib buat teman – teman balik lagi kesini.

Rangkuman Ronggowarsito dan Javanologi di TVRI​

Berikut pertanyaan yang sedang dibicarakan untuj jenjang SMP , yuk baca sampai habis agar tidak gagal pokus.

Pertanyaan

Rangkuman materi Ronggowarsito dan Javanologi di TVRI​ ?

Jawaban

Materi Pelajaran Ronggowarsito dan Javanologi | Raden Ngabehi Rangga Warsita atau Ronggowarsito merupakan pujangga besar budaya Jawa yang hidup di Kasunanan Surakarta. Lahir pada tanggal 14 Maret 1802, ia dianggap sebagai pujangga besar terakhir di tanah jawa.

 asal usul nama aslinya adalah Bagus Burhan. Ia merupakan putra dari Mas Panjangswara, cucu dari Yasadipura II, pujangga utama Kasunanan Surakarta. Ayah Ranggawarsito merupakan keturunan Kesultanan Pajang, sedangkan ibunya dari Kesultanan Demak.

Materi Ronggowarsito dan Javanologi  

Takashi Shiraishi dalam Zaman Bergerak : Radikalisme Rakyat Jawa (1912-1926) menuliskan bahwa jika orang jawa ingin kembali ke masa lalunya, mereka harus membaca karya-karya Javanolog Belanda. Mengapa ini bisa terjadi?

Pendiri Institut Voor Het Javaansche Taal

Institut Voor Het Javaansche Taal didirikan pada tahun 1832, dua tahun setelah berakhirnya Perang Diponegoro. Saat itu pula tengah terjadi kebijakan culturstelseel atau tanam paksa. Apakah ini ada kaitannya?

Baca Juga :   Jawaban : 7 tahun yang lalu jumlah umur faisal dan mirza?

Karel Steenbrink menggambarkan bahwa pada masa itu kekuatan Islam harus direduksi karena sangat berbahaya, apakan pereduksian ini salah satunya adalah dengan membentuk Institut Voor Het Javaansche Taal?

Posisi Ronggowarsito

Saat Javanologi merebak, Ronggowarsito sudah menjadi Kliwon Kadipaten Anom atau pujangga Keraton Surakarta. Ia bekerjasama dengan beberapa teman Belandanya, seperti C.F.Winter dan J. Portier dalam memberikan informasi mengenai kesusastraan Jawa, namun beberapa lama kemudian hubungan mereka menjadi renggang. Mengapa hal ini terjadi?

Ronggowarsito pernah bekerja di Bromartani bersama C.F. Winter, namun beberpa lama kemudian ia keluar, beberapa catatan mengatakan bahwa ini disebabkan oleh konflik antara Ronggowarsito dan Pakubuwono IX.

Ronggowarsito Sebagai “Benteng Pertahanan” Sastra Jawa

Saya menyebut Ronggowarsito sebagai “benteng pertahanan” sastra Jawa karena jika Belanda berupaya mengembalikan Islam pra-Jawa, justru Ronggowarsito dalam karya-karyanya amat kental bernuansa Islam terutama tasawuf. Bagaimana pendapat Anda?

Pengaruh Islam dalam Karya Ronggowarsito

Ronggowarsito diketahui pernah berguru kepada Kyai Imam Besari di Pesantren Tegalsari, Ponorogo. Sebesar apa pengaruh Kyai Imam Besari kepada Ronggowarsito dalam membentuk pemahaman keislamannya?

Kematian Ronggowarsito

Ronggowarsito “meramalkan” kematian dirinya dalam Serat Sabdajati. Beberapa pendapat mengatakan bahwa kematiannya disebabkan ia tidak tahan karena penculikan oleh Keraton dan teman-teman Belandanya. Bagaimana pendapat Anda? dan Bagaimana seharusnya kita memaknai Ronggowarsito di zaman ini?

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa admin sampaikan semoga membantu, dan bermanfaat untuk teman – teman semua, jangan lupa bagikan dan share ke teman – teman agar yang lain bisa terbantu.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *