RPP SD K13 Kelas 2 Tahun 2021 Lengkap

RPP SD K13 Kelas 2 Tahun 2021 LengkapRPP SD Kelas 2 Kurikulum 2013 tahun 2021 terbaru menjadi bagian dari perangkat mengajar yang wajib disiapkan guru kelas.

RPP SD K13 Kelas 2 Edisi Revisi 2018 berfungsi sebagai pedoman bagi guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan.

Guru SD harus memiliki perangkat pembelajaran yang cukup agar dapat menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, diantaranya adalah RPP SD K13 tahun 2021 terbaru.

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).

Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dan memberikan ruang yang cukup.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus.

Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas komponen-komponen berikut.

  1. Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan.
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema.
  3. Kelas dan semester.
  4. Materi esensial atau pokok.
  5. Alokasi waktu.
  6. Tujuan pembelajaran.
  7. Kompetensi inti.
  8. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
  9. Materi pembelajaran.
  10. Metode pembelajaran.
  11. Media pembelajaran.
  12. Sumber belajar.
  13. Langkah-langkah atau skenario pembelajaran.
  14. Penilaian hasil belajar.

Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan komponen dan Sistematika RPP sebagai berikut.

  1. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan.
  2. Kompetensi Inti (KI).
  3. Kompetensi Dasar (KD).
  4. Indikator Pencapaian Kompetensi.
  5. Materi Pembelajaran.
  6. Kegiatan Pembelajaran.
  7. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial.
  8. Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar

Prinsip Prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

1. Perbedaan individual peserta didik, antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik.

2. Partisipasi aktif peserta didik.

3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.

4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.

6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar.

7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Langkah Langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran

Penulisan identitas mata pelajaran meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, materi atau tema.

2. Menuliskan Kompetensi Inti

Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan :

  • (1) sikap spiritual;
  • (2) sikap sosial;
  • (3) pengetahuan;
  • (4) dan keterampilan.

3. Menuliskan Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi.

4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

5. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

6. Materi Ajar

Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

7. Alokasi Waktu

Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban belajar.

8. Menentukan Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan.

9. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

10. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Penentuan sumber belajar didasarkan pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

11. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran

a. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

b. Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.

Di dalam kegiatan inti, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

c. Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

Contoh RPP SD K13 Kelas 2 1 Lembar

Menurut mendikbud seluruh pengawas harus mengkoordinasikan perubahan rpp ini kepada sekolah agar dalam penyusunan RPP guru tidak merasa tebebani. Apalagi hanya untuk administrasi saja.

Mendikbud nantinya akan memberikan berbagai macam conton rpp yang singkat tapi berkualitas. Jadi rpp cukup satu halaman saja.

Sambil menunggu contoh rpp dari kemendikbud, sesuai judul posting, berikut contoh RPP SD K13 Kelas 2 yang telah diedit menjadi 1 lembar. format Ini hanya referensi saja, silahkan di sesuaikan dan dikembangkan sendiri oleh bapak dan ibu guru.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan : ………………………………………….

Kelas / Semester : 6 /2

Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera

Sub Tema 1 : Masyarakat Peduli Lingkungan

Muatan Terpadu : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke : 1

Alokasi waktu : 1 hari

A. TUJUAN

1. Setelah siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2. Setelah siswa berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

3. Setelah siswa membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.

4. Setelah siswa berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).

3. Menyanyikan Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.

4. Pembiasaan membaca/menulis 15-20 menit dimulai dengan guru. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan memberikan stimulus, ide, dan gagasan kepada siswa melalui gambar yang berisi tentang kepedulian terhadap lingkungan. Kemudian, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa

Kegiatan Inti

Ayo Mengamati

· Siswa mengamati berbagai gambar pada buku Siswa

· Siswa secara bergantian menceritakan kegiatan yang dilakukan pada buku

· Siswa mampu menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Berdiskusi

· Guru meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 5 anak.

· Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya. ( Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berlatih

· Siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai atau dievaluasi.

· Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Renungkan

· Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Mandiri)

· Siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung dalam bentuk tulisan (Creativity and Innovation)

Kerja Sama dengan Orang Tua

· Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

· Siswa juga menanyakan upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan oleh keluarga untuk memaknai kemerdekaan yang diraih pahlawan.

Kegiatan Penutup

· Siswa diminta menyampaikan hasilnya kepada guru dan teman di sekolah. (Mandiri)

· Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

C. PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung Penilaian Pengetahuan

a. Menjawab pertanyaan lisan tentang tata cara memperkenalkan diri yang benar.

Penilaian Keterampilan

Download RPP SD K13 Kelas 2

Perhatian: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik yang Kami bagikan merupakan model yang dapat berguna sebagai bahan referensi sesuai dengan Buku Guru dan Siswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jika terdapat ketidak cocokan beberapa bagian seperti kompetensi dasar, sumber belajar, atau kegiatan pembelajaran. Kami berharap Bapak/Ibu guru melakukan pengeditan terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan sekolah masing-masing.

Berikut dibawah ini kumpulan contoh RPP SD K13 Kelas 2 bisa Bapak dan Ibu Guru download:

Download RPP SD K13 Kelas 2 Lengkap

Berikut dibawah ini kumpulan contoh RPP SD K13 Kelas 2 berdasarkan kelas yang bisa Bapak dan Ibu Guru download:

Kesimpulan

Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai RPP SD K13 Kelas 2 Edisi Revisi 2018 Tahun 2021 Kelas 2 Semester 1 dan 2. Jika ada pertanyaan? link/file error? langsung ke kolom komentar GudangJawaban.com.

Share on:

Leave a Comment